Rabu, 28 Desember 2011

ilmu - ilmu langka

                      ILMU TONGKAT MUSA
Bismillahirrahmannirrahim.
Allahuma sholli wassalim’alaa sayyidinaa
Muhammad wa’alaa aalihii washobbihii wasallim.
Bikhofiyyi luthfillaah,
Bi lathiifi shun’illaah,
Bijamiili sitrillah,
Bibadii’I afwillaah,
Bisarii’I karomilaah.
Bi ighoosati juudillah,
Bi alfi alfi alfi laa hawla walaa quwata illaa billah.
Dakholtu fii kanafiilaah watamassaktu bikitaabillaah
Watasyaffa’tu birosuulillaahi shollalloohu’ alaihi wa
Aalihii wasallam bilaahawla walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘adhiim.
Biyaahin yaahin ahiilin ahiilin ahyaasin ahyaasin.
                               *     PENGLARISAN     *
Alur rejeki seperti sebuah roda yang berputar, kadangkalanya berada diatas (jaya dan berkecukupan) tapi kadangkala berputar hingga berada diposisi terbawah, terpuruk dan serba kekurangan. Dalam berniaga tidak selamanya untung dan sebaliknya tidak selamanya merugi. Dalam dunia usaha hal tersebut adalah wajar, hampir semua pedagang dan pengusaha mengalami sirklus semacam itu.
Alangkah baiknya apabila saat roda kehidupan berada diatas, sedang jaya dan makmur, untuk tidak sombong dan takabur tapi sebaliknya harus tetap eling lan waspada, memperbanyak bersyukur dalam lisan dan tindakan dengan memperbanyak bersedekah, berzakat atau memberi donasi. Harapannya semoga setiap rizki yang telah kita terima – baik itu berupa materi (uang), kesehatan atau ilmu semua itu akan menjadi BERKAH dalam kehidupan dimasa mendatang, menjadi pemicu datangnya pertolongan Allah bila suatu ketika terpuruk dalam keadaan susah dan kesulitan.
Sebaliknya apabila kini roda kehidupan rejeki berada dibawah, hidup terasa sempit dan kekurangan, omset penjualan menurun, tidak untung bahkan bangkrut, alangkah baiknya untuk tetap berusaha sekuat tenaga dan pikiran, jangan mudah menyerah & berputus asa dalam meraih rahmat pertolongan Allah al-basith (Yang Maha Melapangkan Rizki). Ingatlah, bahwa selalu ada jalan bagi mereka yang tekun berusaha, berpikir dan berdzikir.
Bagi anda para pedagang dan pengusaha atau bagi siapa saja yang sedang berhajat hendak menjual sesuatu, berikut ini saya berikan Amalan ILMU PENGLARISAN terutama untuk Penjualan Tanah / Property / Rumah / bangunan gedung lainnya. Amalkan wirid ini setiap hari dengan tekun.
  1. Bacalah Sholawat Nabi SAW sebanyak 35 kali.
  2. Kemudian dilanjutkan dengan membaca Asma’ Kurung (ilmu Payung Rosul) yaitu QS At Taubah ayat 128-129 yang berbunyi sebagai berikut sebanyak 147 kali.
  3. Akhir dengan berdoa sesuai hajat anda.
لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِّنْ أَنفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُم بِالْمُؤْمِنِينَ رَءُوفٌ رَّحِيمٌ . فَإِن تَوَلَّوْا فَقُلْ حَسْبِيَ اللَّهُ لَا إِلَـٰهَ إِلَّا هُوَ عَلَيْهِ تَوَكَّلْتُ وَهُوَ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ
“Laqod jaa-akuum rosulum min anfusikum Aziizun Alaihi maa Anittum Hariishun Alaikum bil mu’miniina Ro-uufur rohim. Fain tawallaw faqul Hasbiyallahu la ilaha illa Huwa alaihi tawakaltu wa huwa Robul Arsyil Azhiim.”
(QS. At Taubah 128-129)
Amalan Ilmu hikmah ini saya dapatkan melalui Ijazah Ghaib. Awalmula cerita ketika ada seseorang yang berkonsultasi mengenai keadaan rejeki rumahtangganya yang terpuruk dan ingin menjual sebidang tanahnya untuk melunasi semua hutang. Namun berbulan-bulan lamanya beriklan tidak juga kunjung laku terjual, sementara tagihan hutang terus mendesak. Ketika saya menangani hal ini, saat itu kondisi badan sedang tidak fit karena kelelahan seharian bekerja, dan malam hari masih harus menangani konsultasi email dari para sedulur RasaSejati. Tak kuasa menahan lelah dan mengantuk, akhirnya ambil wudhu lalu tidur, sembari berniat Tidur Cipta dan membaca Asma Al Lathif level V. Di penghujung mimpi itulah ijazah amalan tersebut saya terima. Alhamdulillah, setelah menjalankan amalan diatas dalam waktu singkat beliau memberi testimoni bahwa tanahnya telah laku terjual. Selanjutnya setelah lebih dari 3 orang berbeda membuktikannya maka dalam kesempatan kali ini saya ijazahkan secara umum HANYA kepada anda para pengunjung blog RasaSejati, dan tidak untuk diijazahkan kepada orang lain, terkecuali anda telah sah sebagai PEWARIS kami (semua itu berhubungan dengan rasa tanggungjawab kami selaku pengijazah ilmu). Semoga bermanfaat.
                                           ***  MELUNASI HUTANG   **
Di dalam hadis ada doa untuk membebaskan diri dari hutang. Doa ini biasa dibaca pada pagi dan petang sebanyak tiga kali. Berikut kisahnya: Ketika Rasul Allah masuk masjid di luar waktu-waktu salat fardhu, beliau dihampiri seorang sahabat Anshar bernama Abu Umamah. Sahabat ini mengeluh kepada Nabi SAW: “Kesusahan dan hutang-hutang membelit diriku, wahai rasul Allah.
Rasul Allah bersabda: “Maukah aku ajarkan sebuah doa kepadamu yang apabila engkau mengucapkannya, Allah menyingkirkan kesusahanmu dan membayar hutang-hutangmu.” Abu Umamah menjawab: “Ya wahai Rasul Allah
Kalimat-kalimat doanya sebagai berikut:
Allahumma inni a’udzu bika min al-hamm wa al-hazan wa a’udzu bika min al-ajz wa al-kasal wa a’udzu bika min al-jubn wa al-bukhl wa a’udzu bika min ghalabat al-dayn wa qahr al-rijal.
Artinya: “Ya Allah saya berlindung kepada Engkau dari kesusahan dan kesedihan, saya berlindung kepada Engkau dari kelemahan dan kemalasan, saya berlindung kepada Engkau dan kepengecutan dan kekikiran, dan saya berlindung kepada Engkau dari himpitan hutang dan paksaan orang.

***

Amalan Zikir Agar Dapat Melunasi Hutang

Saya ambil dari Kitab Silahul Mukmin. Amalan untuk dapat segera melunasi hutang, biasakanlah sesudah shalat Isya membaca:
  • Surat Al Fatihah sebanyak 300 kali.
  • Kalimat Hawqalah 41 kali : “Laa hawla walaa quwwata illaa billahil aliyyil azhiim
Bacaan diatas harus diselesaikan dalam sekali majelis, jadi tidak boleh dicicil. Akhiri dengan berdoa memohon kepada Allah Swt.
Di dalam kitab Al-Ausath, Ath-Thabrani meriwayatkan hadits dari Abu Hurairah ra yang berkata : “Rasulullah saw bersabda; Siapa yang dianugrahi Allah suatu kenikmatan, hendaklah ia memperbanyak ucapan al-hamdulillah; siapa yang banyak dosanya, hendaklah memohon ampun kepada Allah (membaca istighfar), dan siapa yang merasa diperlambat rezekinya, hendaklah banyak membaca “la haula wa la quwwata illa billah“.
Ibnu Abi Ad-Dunya meriwayatkan sebuah hadits marfu’ dari Asad bin Wada’ah, “Rasulullah saw bersabda, Barangsiapa mengucapkan “la haula wa la quwwata illa billah” sebanyak seratus kali setiap hari, niscaya ia tidak akan ditimpa kefakiran (kemiskinan), selamanya.”
                                          ILMU TIRTO AGNI
Gusti Alloh ingkang murbeng dumadi
Kulo nyuwun nur mumuripun
Doyo yekti, doyo urip, doyo alam
Kanthi muspro marang kersaku
Kanthi sungker marang doyoku
Lelaku untuk mendapatkan ilmu ini:
  1. Membaca Ajian tersebut sebanyak 333 kali dalam satu hari dan dilakukan selama tiga hari secara berturut-turut.
  2. Dihari terakhir (ketiga) menjalankan puasa sunat sebagai penutup.
Bila ingin menggunakan ilmu ini bisa dengan menarik nafas dan menahannya ketika bersalaman dengan orang yang mencurigakan, sebelumnya baca ajiannya terlebih dulu. Atau dengan gerak batin (doyo cipto) lewat tatapan mata apabila Tenaga Dalamnya telah mapan.
Sifat dan khasiyat ilmu ini hanya sementara saja. Artinya dalam waktu dekat orang jahat tersebut mampu lagi memanfaatkan kekuatan gaibnya. Tetapi selama orang yang memiliki ILMU TIRTO AGNI ini masih berada didekatnya, ilmu hitam yang dimilikinya tidak akan berfungsi.
Basmallah sebuah kalimat yang tidak asing bagi seorang muslim. Basmallah diucapkan ketika akan memulai setiap perkara yang bermanfaat. Rasulullah bersabda, “Setiap perkara yang tidak dimulai dengan bismillah (dalam riwayat lain: dengan mengingat Allah), maka amalan tersebut terputus (kurang) keberkahan-Nya.”
Syekh Muhd.Abdul berkata didalam tafsirnya : “Al-Qur’an itu Imam dan ikutan kita,karena itu Al-Qur’an dimulai dengan kalimat ini,yaitu dengan Bismillah.Itu satu petunjuk bagi kita agar sekalian perbuatan kita dimulai dengan membaca Bismillah.”

THE POWER OF BASMALAH

Dzikir kalimat basmalah ini mengandung keutamaan, diantaranya sebagai berikut:
Pertama, dilindungi dari gangguan Jin & Setan
Dan sabda Rasulullah: “Penghalang antara mata jin dan aurat Bani Adam, apabila salah seorang dari mereka melepas pakaiannya, ialah dengan membaca Bismillah.”
“Apabila seorang masuk ke rumahnya dan mengingat Allah (berdzikir) ketika masuknya dan ketika makan, maka setan berkata: “Tidak ada tempat istirahat dan makan malam untuk kalian.” Dan apabila ia masuk dan tidak mengingat Allah ketika masuk, maka setan berkata: “Kalian telah mendapatkan tempat istirahat.” Dan apabila ia tidak mengingat Allah ketika makan, maka ia berkata:”Kalian mendapatkan tempat istirahat dan makan malam”
Kedua, dilindungi dari gangguan orang yang bermaksud jahat
Ketika Khalid bin Walid tertimpa kebimbangan, mereka berkata kepadanya, “Berhati-hatilah dengan racun, jangan sampai orang asing memberikan minum padamu,” maka ia berkata, “berikanlah kepadaku,” dan ia pun mengambil dengan tangannya dan membaca: “Bismillah,” lalu ia meminumnya. Maka sedikitpun tidak memberikan bahaya kepadanya. Hadist tersebut diatas memperjelas betapa pentingnya mengucapkan basmallah ketika akan memulai suatu pekerjaan sehari-hari yang bersifat positif.

THE POWER OF HIZIB BASMALAH

Begitu banyak khasiat yang terkandung dalam bacaan Basmalah, oleh karenanya para Guru spiritual selalu mengingatkan para muridnya untuk membiasakan membaca kalimat Basmalah, maka disusunlah dalam sebuah Hizib, yaitu HIZIB BASMALAH. Barang siapa yang bersedia mengamalkannya, maka akan mendapatkan berbagai faedah dan khasiat yang luarbiasa. Antara lain seperti yang akan diterangkan berikut ini (saya sertakan juga pengalaman-pengalaman nyata selama mengamalkannya). Yaitu :
1.Menumbuhkan Wibawa yang Besar.
Bila kalimat bismillah (huruf arab) ditulis pada kertas sebanyak 600 kali dengan tatacara yang benar. Kemudian dilipat dan dibawa kemana pun anda pergi, InsyaAllah tidak ada orang yang akan mencelakai anda, pancaran aura anda akan terlihat berkali lipat lebih berwibawa dihadapan kawan maupun lawan.
Nb. Ada baiknya bila tidak sanggup menulisnya, bisa meminta bantuan orang yang ahli.
Pengalaman Nyata: Pada tahun 2002 saya pernah kedatangan seorang tamu, ia mengeluh karena di lingkungan kerja, dirinya kurang dihargai, sering diremehkan, tidak bisa tegas terhadap orang lain, bahkan yang paling merisaukan pernah mendapat ancaman serius dari orang yang iri terhadap hasil kerjanya. Kemudian saya beri ia sebuah sabuk yang didalamnya telah saya tulis kalimat basmalah ini. Alhasil, karena ridho ALLAH SWT selang beberapa hari ia merasa gangguan-gangguan itu tak lagi diterimanya.
2. Menghindarkan dari sesuatu yang tidak diinginkan.
Bila kalimat bismillah (huruf arab) ditulis pada kertas atau kain sebanyak 113 kali pada permulaan bulan Muharam disertai dengan tatacara yang benar kemudian dibawa kemana saja anda pergi. InsyaAllah anda akan terhindar dari sesuatu yang anda benci.
Pengalaman Nyata: Pada tahun 1999, ada seorang remaja SMU (nonmuslim) yang datang kepada saya. Ia bercerita bahwa dirinya diancam oleh para berandalan sekolah. Takut akan terjadi hal yang membahayakan keselamatan ia meminta solusi alternatif, kemudian saya beri ia sebuah sabuk dari kain yang didalamnya tertulis kalimat basmalah ini. Dihari berikutnya, ia bercerita bahwa pada hari itu benar-benar menegangkan, beberapa orang berandalan sedang mencari dirinya. Namun ketika ditemui olehnya, tidak tahu kenapa, tiba-tiba semua orang berandalan tersebut langsung pergi. Akhirnya ia selamat tanpa perlu beradu fisik. Mengherankan..?! Bahkan saya sendiri juga heran dengan Kuasa Allah ini.
3. Mendatangkan Bermacam Hajat.
Bacalah bacaan basmallah sebanyak 12000 kali dan setiap selesai 1000 kali baca shalawat:”Allahumma sali wa sallim ala sayyidina Muhammad.” Lalu berdoalah pada Allah apa yang diminta, InsyaAllah segera terkabul. Selama isi doa itu baik (positif).
Pengalaman Nyata: Saya pribadi baru beberapakali mengamalkan Bacaan Basmalah 12000x ini. Efeknya sungguh sangat luar biasa dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya adalah sering mendapat jalan keluar (solusi) dan rejeki dari arah yang tak diduga-duga, selalu ada saja jalan keluarnya. Syaratnya : harus peka mendengar dan MAU melakukan suara dari hati nurani. Subhanallah.
4. Melariskan Dagangan.
Karomah / khasiat basmallah dapat juga untuk tujuan melariskan dagangan, selama barang dagang tersebut HALAL, dengan cara membaca kalimat basmallah sebanyak 786 kali, setiap hari selama 7 hari berturut-turut. InsyaAllah dagangan anda dalam waktu cepat atau lambat akan semakin laris.
Pengalaman Nyata: Saya tidak ingat lagi berapa kali usaha saya dan para pengusaha/pedagang yang datang kepada saya telah mendapatkan efek yang nyata dalam hal kemajuan omset (pendapatan) melalui ikhtiar amalan ini. Syarat: Ikhlas dan TIDAK boleh berprasangka buruk terhadap pedagang lain atau siapapun! InsyaAllah omset usaha anda meningkat.
5. Mencerdaskan akal.
Bacakan kalimat basmallah pada segelas air yang biasa kita minum (banyaknya air sesuai kebutuhan) sebanyak 786 kali pada saat matahari sedang terbit atau menjelang terbit. Kemudian minumkan pada orang yang dikehendaki. InsyaAllah akan mudah menghafal sesuatu dan otaknya bertambah cerdas. Lakukan ikhtiar ini selama 7 hari berturut-turut. Bisa untuk diri pribadi, anak, atau orang lain.
6. Aman dari gangguan setan.
Bacalah kalimat basmallah sebanyak 21 kali ketika akan menjelang tidur. Usahakan jangan mengatakan sesuatu setelah membaca basmallah sampai akhirnya tertidur. InsyaAllah tidur anda akan tenang dan aman dari gangguan setan / mimpi buruk.
7. Memperlancar Persalinan.
Caranya kalimat basmallah ditulis di dalam gelas, lalu dituang dengan air zam-zam atau air tawar kemudian diminumkan kepada orang yang susah melahirkan. InsyaAllah akan mempermudah melahirkan.
Pengalaman Nyata: Suatu malam jam 9 seorang teman menelpon saya, ia bercerita bahwa istrinya akan melahirkan, sudah hampir 1 hari di RS namun tak kunjung jua melahirkan. Saking paniknya ia melihat istrinya merintih kesakitan. Kemudian saya memberi amalan diatas, minumkan walau sesendok, sisanya kalau bisa diusapkan dikening dan perut. Sambil terus berdoa kepada Allah Swt. Ketika ditanya kapan bayinya lahir, dengan tegas saya jawab nanti tengah malam! Ia pun jadi sedikit tenang. Dan sekitar jam setengah 1 malam  ia memberi kabar bahwa bayinya telah lahir dengan selamat. Alhamdulillah.
                              ****   HIZIB MAGHROBI  **
Bismillahil muazhomil azhiim.
bi
aajin ahuujin jaljaluut
halhalat.
allahummanfa’na
ma’allahi nashirun nashibun
ka
syarhin kadahrun amin amin ya
robbal ‘alamiin……dst
puasa 7
hari selama puasa dibaca 41x
setelah puasa 7x masalah kasiat atau faidah
                                                             ****  PEMBUKA HIJAB  ***
Bila kita merasa kesulitan menangkap materi pelajaran, (baik ilmu pengetahuan ataupun Ngelmu ghaib), selain dengan jalan meningkatkan belajar yang intensif, iringi juga dengan melakukan amalan berikut ini.
  1. Berpuasalah Mutih selama 3 hari berturut-turut yaitu pada hari Selasa, Rabu, Kamis. Niat puasa sunat mutlak, karena Allah Ta’ala.
  2. Pada hari Kamis-nya (malam Jumat) tidak boleh tidur sampai pagi (Melek).
  3. Selama menjalani puasa, bacalah doa berikut 3 kali setiap selesai shalat fardhu.
  4. Dan dibaca 27 kali diwaktu tengah malam.
  5. Doa yang dibaca:

Bismillahirrahmannirahim.
Allaahummaftah’ alaiya futuuhal ‘aariffiin bihikmatika,
wansyur alaiya rahmatika yaa Dzal jalaali wal ik’raam.
Artinya: “Dengan menyebut Asma Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Yaa Allah dengan hikmah-Mu bukakanlah diriku bagaikan terbukanya para ahli makrifat dan bentangkanlah rahmat-Mu terhadapku wahai Zat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.”
Setelah masa puasa 3 hari, bacalah doa tersebut sebelum belajar dan sesudah shalat (hitungan tidak terbatas – bebas). Bila dilakukan dengan ikhlas akan terasa manfaatnya. Akan ada perubahan peningkatan dalam daya tangkap otak kita.
Nb.
Puasa Mutih: Puasa seperti puasa ramadhan, tapi makanan yang dimakan saat sahur, buka puasa dan pada malam hari, hanya berupa nasi putih dan air tawar saja).
Apabila anda belum kuat untuk puasa Mutih, maka boleh diganti dengan puasa biasa seperti puasa ramadhan. Cuma makanan harus dibatasi, makanlah seperlunya saja, tidak boleh memanjakan perut (nafsu makan). Hilangkan kebiasaan membeli berbagai makanan seperti snack, kue dan berbagai jajanan roti lainnya untuk berbuka puasa / sahur.
Sangat disarankan untuk bersikap menerima apa adanya dengan makanan yang telah disajikan istri/ibu dimeja makan. Meski itu hanya berupa nasi putih dan air putih saja, jangan protes! Diam dan makan saja. Inilah bedanya puasa orang awam dengan puasanya para spiritualis. Bagi kami, sahur & berbuka hanya sekedar untuk membangkitkan kekuatan tubuh (menegakan tulang ekor) agar tetap bisa beraktivitas dan beribadah. Jika dengan sekepal nasi putih dan segelas air tawar saja sudah cukup, kenapa harus sahur & berbuka dengan bermacam-macam hidangan?!
                                                                             ****  ASMO DZAT  ***
BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
( RIYADHOH & KHOLWAT ISMU DZAT ALLOHU )

Ismu Dzat menurut Syeikh Al-Imam Ahmad ibni Ali Al-Buuny mempunyai tata cara Kholwat & Riyadhoh sebagai berikut :

Berkholwat selama 14 hari dengan tata cara Kholwat sebagai berikut :
1. Berpuasa dari segala makanan yang bernyawa dan yang di keluarkan dari yg bernyawa seperti Telor,Madu,Susu.
2. Uzlah atau mengasingkan diri dari manusia selama 14 hari
3. Membaca Lafadz Jalalah ( ALLOHU ) 1000 x setiap Ba’da Sholat Fardu
4. Membaca Surat An-Nur Ayat 35 sebanyak 50x tiap ba,da fardu setelah membaca ALLOHU 1000 x
5. Membaca Lafadz Jalalah ALLOHU 10000 x setiap hari diluar yang ba’da Fardu

Maka apabila sarat Kholwat di atas dilaksanakan, di hari ke 14 anda akan melihat tempat anda berkholwat di penuhi berbagai macam cahaya dan anda akan melihat seseorang pada saat cahaya tersebut hilang, Maka kuatkanlah hati anda dan janganlah takut dan anda akan melihat di sekeliling tempat anda berkholwat telah di penuhi Ismu Dzat ( ALLOHU ), Sehingga anda melihat Ruh anda seakan-akan tenggelam di dalam lautan cahaya maka kuatkan serta tetapkan hatimu hal ini terjadi kira-kira 3 menit setelah itu datanglah seorang Khodam Ismu Dzat ( Sayyid Kahyalin ) dengan di kawal beberapa orang khodam lainnya yang memenuhi tempat anda berkholwat, janganlah anda takut dengan mereka, lalu Sayyid Kahyalin mengucapkan salam pada anda jawablah salamnya dan beradablah padanya karena dia adalah seorang yang agung yang mempunyai kemulian di sisi Alloh, Lalu dia memerintahkan anda untuk senantiasa membaca ALLOHU 66 x dan Ayat 35 dari surat An-Nur 1x setiap Ba’da Fardu, maka Sayyid Kahyalin berjanji akan membatu anda dengan taat pada setiap kebutuhan2 yang anda inginkan.

Cara Lain Riyadhoh ALLOHU
Sesunnguhnya Ismu Dzat ALLOHU merupakan Ismullohil A’dzom , Maka barang siapa yang membaca ALLOHU 66 x pada tengah malam dengan terlebih dahulu sholat sunat 2 roka’at disertai siangnya berpuasa selama 66 hari maka malaikat kahyalin A.S akan turun menemuinya, Malaikat Kahyalin merupakan salah seorang Malaikat yang di agungkan di Alam ARSYI yang menjadi pimpinan atas 66 barisan Malaikat, dan di bawah kemuliannya sayyid kahyalin mengepalai 4 Qowaid ( kedudukan) yang di tiap-tiap 1 Qowaidnya mempunyai 66 Khodam dari golongan Malaikat yang akan membantu hajatnya orang yang senantiasa membaca ALLOHU, Maka barang siapa yang membaca ALLOHU 66x di sertai riyadhoh yang telah disebutkan di atas, sesungguhnya Malaikat kahyalin akan hadir di hadapannya dan bersujud kepada Alloh serta berdo’a kepada Alloh di dalam sujudnya dengan do’a yang agung yang cepat sekali di ijabahnya oleh Alloh inilah do’a yg di maksud :

ALLOHUMMA INNI AS ALUKA YA ALLOHU YA WAHIDU YA ALLOHU YA AHADU YA ALLOHU YA DAIMU YA ALLOHU YA BAQIYYU YA ALLOHU YA QODIMU YA ALLOHU YA QODIRU YA ALLOHU YA ROBBU YA ALLOHU YA SYAKURU YA ALLOHU YA HAYYU YA ALLOHU YA QOYYUMU AS ALUKA BI AHADIYATIKA WA SOMADIYATIKA WA NA’UTI RUBUBIYATIKA ANNA ABDAN MIN ABIDIKA QOD SYARIKANA FIT TASBIHI WAT TAQDISI WAL AMRI AMRIKA FA IN AMARTANA BIN NUZULI ILAIHI FA BI IRODATIKA.
( Sesungguhnya seorang hamba dari hamba-hambamu telah bersyarikat dengan kami di dalam tasbihnya,taqdisnya,dan di dalam perkara2 yang telah engkau perintahkan maka apabila engkau perintahkan kepada kami untuk turun menemuinya maka hanya dengan kuasamulah kami turun

Maka setelah Sayyid Kahyalin berdo’a dengan do’a di atas Alloh berfirman “ Turunlah kalian semua wahai malaikat ( Khodam ALLOHU ) untuk segera menemuinya dan laksanakanlah hajat-hajatnya karena dia telah berdo’a dengan namaku yang agung, maka turunlah Sayyid Kahyalins dengan seluruh khodam2nya kepada pembaca Ismu dzat tsb kemudian berkata sayyid Kandiyas “ Hai hamba Alloh yang sholeh yang selalu membaca ALLOHU, tatkala Sayyid kahyalin menyebut ALLOHU keluar lah dari mulutnya bermacam-macam cahaya yang menimbulkan cahaya tersebut rasa Khosyah/takut kepada Alloh dan ketenangan, kemudian berkata lagi sayyid kahyalin “ Wahai hamba yang sholeh Alloh telah menjawab do’amu dengan Ismul A’dhom dan kami merupakan para Khodam Ismu Dzat ini, Apa yang anda inginkan “, Maka katakanlah padanya “ Aku menginginkan ketaatan kepada alloh “ Maka sayyid Kahyalin berkata “ Suci kanlah pakaianmu dan badanmu kemudian berpuasalah 3 hari setiap bulannya pada tanggal 13,14,15 ( bulan Hijriyah ), dan berbukalah dengan makanan yang halal dan bacalah Ismu Dzat ALLOHU 66 x ba’da sholat Fardu, jika kamu melaksanakannya tentulah kamu menjadi saudara kami” setelah itu Sayyid Kahyalin dan para Khoddam menyalami anda dan berjanji kepada anda serta melaksanakan hajat-hajat anda yang diinginkan.



Cara Lain Riyadhoh ALLOHU

Di riwayatkan di dalam Kitab Syamsul Ma’arif Syeikh ahmad al-Buuny berkata, ketahuilah sesungguhnya Imam Khowarizmi berkata “ Telah berkata Hatif ( suara tanpa wujud ) ke dalam hatiku agar aku mencari untuk mengetahui ma’na Ismu Dzat ALLOHU, maka akupun berjalan untuk mengetahui ma’na nya ALLOHU selama 7 tahun, Sampai aku bertemu dengan seorang Syeikh Kabir yang buta kedua matanya yang berada di negri Cina yang mengetahui Ilmu-Ilmu Hindu serta yang senantiasa berdzikir dan riyadhoh dengan dzikir Asma’ Alloh, maka akupun bertanya kepadanya tentang Asma-Asma Alloh, maka Syeikh berkata “ Wahai anakku sesungguhnya semua Asma’-Asma’ Alloh Ta’ala adalah agung “ maka akupun menjawab “ Betul wahai tuanku, yang aku inginkan adalah Isim Jami’ ( ismu Dzat ) yang terdapat 4 Anasir (watak) pada Isim Jami’ ini, Maka syeikh itu memandang kepadaku seraya berkata “ Apakah engkau telah mengetahui Asma’ – Asma’ Alloh yang tersembunyi seperti Asma’ TSAQUFAH Bal’am Ba’uro ? Atau Asma’ TSAQUFAH Musa A.S dan sebagian Asma’ Al- Musalsalah yang tersimpan pada setiap musim seperti Asma’ SIMIYAT”. Maka akupun menjawab “ Benar wahai tuanku”, Lalu Syeikh tsb berkata kepadaku “ Mendekatlah kepadaku Demi Alloh tidak pernah ada yang datang sebelumnya kepadaku orang yang seperti kamu” Kemudian berkata lagi padaku “ Ketahuilah bahwa Ismullohu A’dzom adalah isim yang selalu di ucapkan oleh setiap orang isim ini tertulis pada tongkatnya Nabi Musa A.S yaitu Ismu Dzat ( ALLOHU) yang mempunyai 4 Huruf dan 4 Anasir, Ketahuilah itu dan aku akan memperlihatkan kepadamu DAIROH( Lingkaran yang berisi tulisan Asma’-Asma Alloh ) Ismu Dzat ini dan apa-apa yang keluar besertanya dari Asma’-Asma’ yang lainnya “, Kemudian Syeikh tersebut mengeluarkan sebuah peti lalu membukanya dan mengeluarkan dari dalamnya sebuah Sisik kulit ikan yang di lipat lalu membukanya, Maka terlihatlah pada sisik kulit ikan tsb Dairoh yang di dalam nya terdapat Asma’-Asma’ Alloh kemudian aku berkata kepadanya “ Aku menginginkan tuanku menjelaskannya “ Maka berkata Syeikh tersebut kepadaku “ Wahai anakku aku akan memberitahukan kepadamu tentang Ma’nanya dan Qosamnya yang Khusus yang dapat kamu berdo’a dengannya setiap hari maka akupun melihat pada DAIROH tsb sesuatu yang belum pernah aku lihat sebelumnya dan akupun teringat perkataan guruku Syeikh Abdulloh Bin Hamid berkata padaku “ Sesungguhnya keutamaan Ismu Dzat dari seluruh Asma’ yang lainnya seperti keutamaannya Malam Lailatul Qodar dari Malam-malam yang lainnya”, Kemudian Aku mencium tangan syeikh tsb dan Syeikh mendo’a kan aku kemudian berkata “ Wahai anakku sesungguhnya mengetahui yang terkandung di dalam Asmaul husna adalah merupakan Satu rahasia yang terpendam dari berbagai macam rahasiannya Alloh, Tidaklah seseorang mengetahui Ma’nanya Asmaul Husna kecuali orang tersebut Ahlinya Alloh dan Ifrod ( Golongan Wali ) dari para Rizallulloh” Kemudian Syeikh tersebut memberikan kepadaku Dairoh Maka subhanalloh ternyata didalamnya mempunyai perkara-perkara yang Ajaib. Berkata Syeikh Ahmad Ibni Ali AL- Buuny “ Ketahuilah dan jagalah Dairoh ini dari orang-orang yang bukan ahlinya dan inilah Dairoh yang di maksud :
                                      ***  POSO WETON **
Dalam bahasa Jawa “Weton” berasal dari kata dasar “Wetu” yang bermakna “keluar” atau lahir. Kemudian mendapat akhiran –an yang membentuknya menjadi kata benda. Yang disebut dengan weton adalah gabungan antara hari dan pasaran saat bayi dilahirkan kedunia. Misalnya Senin Pon, Rabu Wage, Jumat Legi atau lainnya. Legi, Pahing, Pon, Wage, Kliwon adalah nama-nama pasaran (untuk lebih jelasnya anda bisa menyimak di artikel Kajian Hari).
Jadi pengertian Puasa Weton adalah puasa yang dilakukan pada hari kelahiran berdasarkan perhitungan kalender Jawa yang berputar selama 35 hari. Artinya diperingati setiap 35 hari sekali. Berbeda dengan acara ulang tahun yang diperingati setahun sekali.
Amalan Puasa Weton merupakan ajaran mulia dari para leluhur, guna menghayati dan menghargai kelahirannya diri kita ke alam dunia ini. Falsafah sederhana puasa weton ini adalah hari lahir merupakan kehendak Tuhan dalam hidup kita. Jadi pada hari tersebut, kembali kita mengingat kasih Tuhan yang begitu besar dalam hidup kita. Dengan harapan, agar kita ingat bahwa lahirnya manusia dimuka bumi ini membawa kodrat. Kalau dalam istilah Quran, diturunkannya manusia dimuka bumi ini adalah sebagai khalifah / pemimpin (Al-Baqarah: 30).
Layaknya sebagai seorang khalifah adalah membawa berkah dan rahmat bagi alam semesta. Bukan untuk merusak apalagi membinasakan alam atau sesama manusia.
Setiap diri yang selalu ingat kepada kodratnya ini maka akan menjadi pribadi-pribadi yang mulia, bijaksana dan penuh kasih sayang kepada sesama dan seluruh alam. Maka kehidupannya akan senantiasa dalam lindungan dan penjagaan Tuhan Yang Maha Kuasa.
Amalan puasa Weton memang tidak ada tuntunan langsung dari Rasulullah. Sebab ini adalah salah satu cara para leluhur Jawa berpuasa. Tidak ada hubungan dengan aliran agama tertentu. Jadi boleh diamalkan oleh semua orang, apapun agama dan keyakinannya. Walaupun demikian sesungguhnya amalan ini tersirat dari perilaku puasa Rasulullah Muhammad SAW. Anda bisa simak hadist tentang puasa Sunah Senin-Kamis. Seperti hadist berikut ini.
Nabi ditanya tentang puasa hari Senin lalu beliau menjawab, “Itu adalah hari dimana aku dilahirkan, dan hari dimana aku diutuskan sebagai Nabi, atau dimana diturunkannya wahyu pertama padaku”. (HR. Muslim, Abu Dawud, dan Nasa’i, sanadnya shahih).
Dari Hadist tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa dalam Islam boleh hukumnya mengkhususkan ibadah pada hari tertentu yang dianggap memiliki arti istimewa (baik). Juga diperbolehkan memperingati hari lahir dengan berpuasa. Atau beribadah sunnat lainnya karena ittiba’ (mengikuti) kepada Nabi SAW saat hari kelahirannya. Dan ini tidak termasuk kategory bid’ah yang dilarang seperti yang sering dituduhkan segelintir golongan umat Islam yang mengaku-aku pengikut sunnah.
Ritual Weton
Dalam kaitannya dengan weton, orang Jawa memiliki tradisi yang disebut “selapanan”, yaitu memperingati weton kelahiran, yang berputar selama 35 hari itu dengan melakukan lelaku prihatin. Misalnya dengan lelaku berpuasa “ngapit”, mutih, melek (tidak tidur) dan menyediakan sesaji sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan YME.
Yang dimaksud dengan Puasa Ngapit adalah berpuasa 3 hari, yaitu pada hari weton, ditambah 1 hari sebelum dan sehari sesudahnya. Ada pula yang cukup dengan ritual Mutih, yaitu selama beberapa hari hanya makan nasi putih dan air putih tawar saja tanpa puasa, jadi boleh makan-minum kapan saja. Ada juga lelaku puasa 3 hari sebelum hari weton, 5 hari sebelum weton dan berbagai jenis cara puasa lainnya.
Adapula ritual melek (tidak tidur) selama 24 jam yang dimulai dari saat Matahari terbenam saat masuk hari wetonnya. Dan diakhiri ketika matahari terbenam dihari wetonnya. Sambil menghidangkan sesaji berupa variasi 4 warna bubur dan sesaji lainnya yang memiliki arti simbolik yang luhur.
Dan masih ada berbagai macam jenis tatacara ritual lainnya yang berkembang di masyarakat dalam rangka memperingati Weton Kelahiran ini. Walaupun tatacara berbeda-beda tetapi intinya sama yaitu sebagai bentuk lelaku prihatin (riyadhoh). Acara ini sangat jauh berbeda dengan acara ulang tahun jaman sekarang, yang cenderung bernuansa hura-hura bahkan suka cita yang berlebihan dan mengumbar perbuatan asusila.
Adanya perbedaan amalan-amalan lelaku dalam memperingati weton tidak perlu diperdebatkan. Sebab tatacara lelaku dan amalan sangat bergantung dengan kondisi diri dan adat yang berkembang di masyarakat.
Bagi mereka yang tinggal di desa nan asri masih banyak berbagai macam pepohonan hijau dan sungai yang bersih, dalam memperingati weton akan membuat berbagai macam sesaji berupa lauk-pauk hasil dari sawah ladangnya. Seperti nasi golong, daun jati, ikan teri, dan lain sebagainya. Tentu saja mereka tidak merasa kesulitan untuk mendapatkan semua bahan-bahan sesaji tersebut. Tetapi bagi masyakarat kota, yang tinggal di wilayah yang dikelilingi gedung-gedung beton, jarang ada pepohonan, sungai-sungai yang mengalir pun telah tercemar limbah, tiada lagi ikan yang hidup. Akan kesulitan bila untuk memperingati weton sebagaimana tradisi di pedesaan, setiap 35 hari sekali harus menyediakan berbagai macam sesaji dari alam. Maka biasanya tatacara memperingati weton ini setiap kaum adat masyakarat bisa berbeda-beda.
Begitu pula dengan tata amalan Puasa. Bagi mereka yang kehidupannya sudah dilonggarkan dari urusan duniawi akan lebih ringan dalam menjalankan puasa berhari-hari atau ritual tidak tidur semalam suntuk. Namun bagi mereka yang setiap hari masih harus bekerja keras untuk menghidupi keluarga, anak-istri, akan sangat susah untuk melakukan puasa berhari-hari semacam itu. Sementara ia harus dituntut produktifitas kerja yang tinggi bila tidak ingin dipecat dan kehilangan pekerjaan atau mata pencahariannya. Maka amalan puasa weton pun bervariasi, disesuaikan dengan kondisi diri sang pengamalnya. Yang penting tidak meninggalkan makna yang sebenarnya dari ritual weton.
Di kalangan masyarakat muslim dan pesantren, puasa weton ini biasanya dilakukan lebih dari 1 hari, ini untuk memberi solusi bagi mereka yang wetonnya jatuh pada hari-hari yang dilarang berpuasa di hari-hari tertentu seperti hari Jumat tanpa disertai puasa hari yang lain (Al Hadist). Dan itu sah-sah saja. Tidak ada sesepuh yang melarangnya. Selama suatu tradisi membawa manfaat baik, memang harus dilestarikan.
Di Sanggar Rasa Sejati, kami telah memberikan tuntunan puasa weton. Bisa anda simak di halaman Amalan Anti Sihir. Bisa diamalkan oleh siapa saja. Untuk saudara yang nonmuslim, lafal doa mantra Keselamatan bisa diganti sesuai dengan ajaran agama masing-masing. Bagi yang dulu pernah membaca, silahkan disimak kembali karena kami telah update, karena dari penjelasan terdahulu ternyata masih banyak saudara-saudara yang masih bingung. Semoga tatacara yang sekarang bisa lebih dimengerti.
Manfaat Ritual Weton
Dari penghayatan dan pengamalan ritual weton yang luhur ini tentu akan membawa dampak baik bagi para pengamalnya. Antara lain :
  • Sebagai tanda syukur kepada Tuhan YME dan rasa terimakasih kepada kedua orang tua. Meningkatkan iman kepada Tuhan, dan berbakti kepada orang tua.
  • Sebagai salah satu momen untuk berintropeksi diri, ingat kembali kepada kodrat dan tugas sebagai manusia di muka bumi.
  • Kembali mengenal setiap unsur yang menyertai diri manusia hidup dimuka bumi ini, yaitu para Sedulur Sejati. Ada pula yang mengartikan Sedulur Papat Kalimo Pancer.
  • InsyaAllah, dari pengalaman telah terbukti dapat membawa dampak baik bagi kerejekian para pengamalnya. Akan membuka pintu rejeki yang luas dari segala penjuru mata angin.
  • Diberikan keselamatan dari segala macam bahaya yang nyata maupun magis (sihir).
  • Dan berbagai manfaat positif lainnya sesuai dengan penghayatan yang bisa dicapai oleh para pengamalnya.
  • Semua bisa terjadi bila semata-mata ada rahmat dari Tuhan Yang Maha Welas Asih.
                                                   ****  PANGLIMUNAN  ***

لَّا تُدْرِكُهُ الْأَبْصَارُ وَهُوَ يُدْرِكُ الْأَبْصَارَ ۖ وَهُوَ اللَّطِيفُ الْخَبِيرُ

“Laa tudrikuhul abshoru wahuwa yudrikul abshoro wahuwal lathiful khobir.”
Untuk mendapatkan ilmu ini dengan cara :
  1. Puasa Mutih 4 hari dimulai hari Senin atau Kamis.
  2. Selama ritual puasa setiap pagi mandi besar dengan niat membersihkan diri dari kotoran lahir dan batin.
  3. Selama ritual puasa setiap tengah malam mengerjakan sholat hajat 2 ra’kaat.
    • Ra’kaat pertama setelah surat Al Fatihah membaca surat Al Kafirun.
    • Ra’kaat kedua setelah membaca Al Fatihah membaca surat Al Ikhlas.
  4. Selesai sholat hajat bacalah ayat suci tersebut sebanyak 100 x.
  5. Dan akhiri dengan berdoa semoga Allah SWT senantiasa mengaburkan pandangan orang-orang yang berniat jahat kepada diri kita sekeluarga.
  6. Setelah selesai masa puasa, ayat tersebut tetap dibaca seusai sholat Subuh dan Maghrib sebanyak 13 x sebagai wirid atau amalan rutin.
  7. Apabila akan digunakan, dalam kondisi bahaya, Ayat suci tersebut cukup dibaca 3 kali sambil tahan nafas.
  8. InsyaAllah selamat lahir dan batin.

1 komentar: